Rabu, 23 Februari 2011

Kiai Wahab Mencari Sopir " KH Wahab Search Driver "



Ketika NU memutuskan diri untuk berpisah dari Masyumi dan menjadi partai sendiri, banyak orang yang meragukan kemampuan NU dalam mempersiapkan SDM-nya. Salah satu politisi Masyumi, Isa Anshari, pernah menanyakan kepada Kiai Wahab dengan nada berolok mengenai minimnya SDM yang dimiliki NU untuk mengisi jabatan-jabatan publik.

Isa bertanya “Kiai, jika NU jadi partai politik, apakah sudah mempersiapkan tokoh-tokoh andalnya untuk menjadi menteri, duta besar, gubernur dan sebagainya? Berapa banyak dokter, pengacara, dan insinyur yang dimiliki NU?

Wahab menjawab: “Jika saya membeli sebuah mobil baru, penjualnya tidak bertanya: ‘Pak, bapak bisa menyetir?’ Pertanyaan semacam itu tidak perlu karena jika saya tidak bisa menyetir saya dapat memasang iklan di Koran ‘Dicari Sopir’. Tidak bisa diragukan akan segera ada antrian calon di depan pintu saya”.

Dikutip dari Saifuddin Zuhri, Berangkat dari Pesantren (Jakarta: Gunung Agung, 1987) halm, 339

In English
When NU decided to separate themselves from Masyumi and became the party itself, many people doubted the ability of NU in preparing its human resources. One of the politicians Masyumi, Isa Ansari, had asked the Kiai Wahab berolok tone about the lack of human resources held NU to fill public positions.

He asked "Kiai, if NU became a political party, is already preparing the figures andalnya to become ministers, ambassadors, governors and so forth? How many doctors, lawyers, and engineers who owned NU?

Wahab said: "If I buy a new car, the seller did not ask: 'Sir, you can drive?' Such questions do not have to because if I do not drive I can put an ad in the newspaper 'Drivers Wanted'. Undoubtedly there will be a queue of candidates in front of my door. "

Quoted from Saifuddin Zuhri, Depart from School (Jakarta: Gunung Agung, 1987) Halm, 339

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

© Bluberry Template Copyright by Good Collection of Articles |:- Koleksi Article Bagus |:-

Template by Blogger Templates | Blog-HowToTricks